Kamis, 09 Mei 2013

Umat Nabi Muhammad SAW adalah Umat Terbaik

Umat Nabi Muhammad SAW adalah umat yang terbaik dari sekalian umat. Dan orang-orang terbaik dari umat Nabi Muhammad SAW itu adalah mereka yang hidup semasa dengan Beliau, berdampingan dan bergaul dengan Beliau, membenarkannya, menyatakan janji setia kepada Beliau, mengikuti jejakNya, ikut berjihad (berperang) bersamaNya, mengorbankan jiwa dan harta mereka, membela dan mendukungNya. Lebih terbaik lagi adalah orang-orang yang ikut dalam perjanjian Hudaibiyah, yaitu orang-orang yang ikut mem-bai'at (menyatakan janji setia) kepada Beliau SAW pada waktu itu yang berjumlah sebanyak 1.400 orang. Dari yang 1.400 orang ini, yang terbaiknya adalah mereka yang ikut berperang dalam perang Badar yang jumlahnya 313, sama dengan jumlah pasukan Thalut. Dari 313 orang ini, yang terbaik adalah mereka yang ikut dalam perhelatan Dar al-Khaizuran yang jumlahnya adalah sebanyak 40 orang. Dari yang 40 orang ini, yang terbaiknya adalah sebanyak 10 orang yang telah dijamin oleh Rosululloh SAW masuk surga, mereka itu adalah Abu Bakar, Umar, Ustman, Ali, Thalhah, az-Zubair, Abdurrahman bin Auf, Sa'ad, Sa'id, dan Abu 'Ubaidah bin al-Jarrah. Dan yang terbaik dari 10 sahabat ini adalah sebanyak empat orang yaitu Abu Bakar, Umar, Ustman dan Ali. Mereka inilah yang disebut dengan al-Khulafa'ar Rosyidin (Khalifah-khalifah pilihan) yang jumlah masa kepemimpinan mereka sepeninggal Nabi Muhammad SAW adalah tiga puluh tahun.

Umat Islam berkewajiban menahan diri dari membicarakan atau mengorek perselisihan yang pernah terjadi antara sesama sahabat. Alih-alih membicarakan perselisihan antara mereka, kita harus menonjolkan keutamaan dan kemulian mereka. Adapun perselisihan yang pernah terjadi di antara mereka, diserahkan saja urusannya kepada Alloh SWT.

Dan orang-orang yang datang sesudah kaum Muhajirin dan Anshar mereka berdo'a, "Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau biarkan kedengkian (bersemi) dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyanyang." (QS. al-Hasyr [59]: 10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar